SEKILAS INFO
: - Selasa, 10-12-2019
  • 1 tahun yang lalu /  Jl. Telaga Sari RT.46 Blok F, Palaran Samarinda

Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan. Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman (APKJT) Lebih di kenal dengan jurusan pertanian. Sebetulnya jurusan APKJT lebih mengarah kepada pembenihan tanaman. Siswa Jurusan tersebut lebih di arahkan untuk mampu menghasilkan benih-benih tanaman yang lebih berkualitas dan dapat menghasilkan yang lebih baik.

Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis:

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.
  2. Menididik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
  3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki pengetahuan dan seni.
  4. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam program keahlian Agribisnis Pembibtan Tanaman dan Kultur Jaringan, agar dapat bekerjabaik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  5. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetensi dan mengembangkan sikap professional dalam program keahlian Agribisnis Pembibtan Tanaman dan Kultur Jaringan.

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Agribisnis antara lain:  

  1. Budidaya : Mempelajari Pembibitan, Pembenihan, Pemeliharaan, sampai menuai hasil yang disatukan menjadi Pembudidayaan Tanaman Pertanian. Disini kita diajarkan bukan hanya sekedar pembudidayaan tanaman pertanian, tapi betul-betul dicari kelebihan dari masing-masing tanaman sehingga pada saat panen hasilnya sangat maksimal. Karena sejauh ini hasil pertanian di Indonesia masih kurang dimaksimalkan.

  2. Pemasaran / Ekonomi & Manajemen : Mempelajari bagaimana cara memasarkan dan me-manage hasil pertanian yang telah ada. Dengan kualitas yang baik berarti memiliki nilai ekonomi yang tinggi pula. Ini sebagai upaya para ilmuwan Agribisnis membantu pertanian Indonesia yang secara kualitas kurang maksimal. Dan disini pula mahasiswa Agribisnis dicetak untuk bisa ma-manage hasil pertanian agar hasil panen dan pendapatan petani bisa seimbang dan mensejahterakan petani. Maka dari itu di Agribisnis kita belajar Ekonomi, Manajemen serta ilmu-ilmu lain yang menunjang.

  3. Sosial dan Komunikasi: Agribisnis mempelajari ilmu sosial dan komunikasi yang aplikasi ilmu ini akan digunakan untuk memaksimalkan kemampuan lulusan Agribisnis di dunia pertanian terutama agar penyampaian pesan-pesan keilmuan yang dilakukan lulusan Agribisnis bisa diterima oleh semua kalangan pertanian mulai dari Buruh Tani, Pengusaha Tani skala kecil, Pengusaha Tani skala menengah, Pengusaha Tani skala besar, Pemerintah, dan Investor dalam maupun luar negeri. Dan mahasiswa Agribisnis akan terus dimaksimalkan kemampuan berkomunikasinya agar bisa menjadi lulusan yang berkualitas serta bisa betul-betul terjun dimasyarakat.

Agenda Terbaru